Kerangka Pengembangan Kurikulum Bahasa Inggris SMP/ MTs K13 Tahun 2017
Perumusan KD didasarkan pada beberapa konsep tentang bahasa fungsional, termasuk konsep genre, sebagai berikut.- Bahasa Inggris perlu dipelajari untuk dapat berfungsi bagi kehidupan siswa seharihari, dalam berbagai bentuk teks.
- Teks adalah alat komunikasi dan berpikir.
- Teks memiliki sifat bermakna dan mempunyai tujuan untuk melaksanakan suatu fungsi sosial.
- Berdasarkan rumusan KI 3 (pengetahuan), tujuan komunikatif adalah untuk mengomunikasikan informasi faktual (terkait dengan topik komunikasi), informasi prosedural (terkait dengan langkah langkah melaksanakan suatu proses), dan informasi konseptual (terkait dengan pemahaman terhadap fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks)
- Genre memberikan kerangka pembentukan teks yang terdiri atas tiga aspek: (1) tujuan atau fungsi sosial yang hendak dicapai, dengan menggunakan (2) struktur teks dan (3) unsur kebahasaan yang sesuai dengan tuntutan kontekstual.
- Secara kontekstual, teks menyesuaikan fungsi, struktur teks, dan unsur kebahasaannya dengan (1) topik pembicaraan, (2) hubungan fungsional antarpeserta komunikasi, (3) moda komunikasi yang digunakan (misalnya lisan atau tulis).
- Struktur teks dan unsur kebahasaan yang menjadi penciri dasar setiap jenis teks (genre) akan disesuaikan dengan keunikan setiap konteks yang dihadapi, sehingga teks yang termasuk dalam setiap genre akan beragam dari konteks ke konteks.
- Pengguna bahasa akan terus menerus dihadapkan pada masalah untuk memilih dan menentukan isi dan bentuk teks yang sesuai dengan konteks yang dihadapi. Oleh karena itu, berkomuniasi merupakan rangkaian tindakan problem solving, eksplorasi dan discovery secara terus menerus.
- Berdasarkan berbagai konsep di atas, perumusan KD dapat digambarkan sebagai berikut.
- KD dirumuskan untuk penggunaan bahasa Inggris pada tiga jenis teks, yaitu (1) interpersonal, (2) transaksional, dan (3) fungsional. Dalam teks interpersonal teks berfungsi untuk menjaga hubungan interpersonal; dalam teks transaksional teks berfungsi untuk bertukar informasi, barang dan jasa; dalam teks fungsional teks berfungsi untuk melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu.
- Penentuan kompetensi untuk setiap jenis teks dengan mengacu pada konsep genre.
- Penentuan tataran kognitif untuk jenjang SMP/MTs yang difokuskan pada memahami (khususnya mengidentifikasi, membandingkan, dan menafsirkan) dan tataran ‘menerapkan’.
- Penentuan jenis keterampilan yang mencakup tindakan komunikatif menangkap makna melalui menyimak dan membaca, dan menyusun teks melalui berbicara dan menulis, yang semuanya terintegrasi untuk melaksanakan fungsi sosial yang sama.
Berikut adalah daftar teks yang tercakup dalam kurikulum jenjang SMP/MTs.
Demikian yang dapat Admin sampaikan sekilas mengenai Kerangka Pengembangan Kurikulum Bahasa Inggris SMP/ MTs . Dan untuk lebih lengkap mengenai Silabus tersebut sebagai sebuah perangkat/ program pembelajaran yang harus Bapak dan Ibu miliki, silahkan untuk mendownloadnya pada link di bawah ini.
Download Kerangka Pengembangan Kurikulum Bahasa Inggris SMP/ MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
0 Comments