Model RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017

Model RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017
Download Model RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 8 9 (VII VII IX) Kurikulum 2013 Tahun 2017 yang merupakan sebuah perangkat/ program pembelajaran K13 yang harus di siapkan dalam pelaksaan kegiatan pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus. Setiap pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Baca Juga

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 8 9 K13 Tahun 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP/MTs .....
Mata Pelajaran : Bahasa Indoesia
Kelas/Semester : VII/Satu
Materi Pokok : Teks Deskripsi
Alokasi Waktu : 12 X 40 ‘

A. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD 3.1 Mengidentifikasikan informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan/atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
3.1.1 Mengungkapkan isi informasi teks deskripsi yang didengar.
3.1.2 Mengungkapkan fakta dari teks deskripsi
3.1.3 Mengungkapkan opini dari teks deskripsi
3.1.4 Memberikan tanggapan atas isi teks deskripsi

KD 4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang didengar dan dibaca.
4.1.1 Menuliskan kembali atau meringkas isi teks deskripsi
4.1.2 Mempresentasikan ringkasan isi teks deskripsi

KD 3.2 Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
3.2.1 Menuliskan struktur (bagian-bagian) teks deskripsi yang didengar atau dibaca
3.2.2 Menyebutkan ciri-ciri kebahasaan (kata umum khusus, makna denotasi konotasi, kata sifat, ejaan dan tanda baca)

KD 4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.
4.2.1 Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
4.2.2 Mempresentasikan teks deskripsi dengan memperhatikan kejelasan lafal, intonasi, artikulasi, dan volume suara.

B. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan atau membaca teks deskripsi, siswa mampu menuliskan struktur (bagian bagian) teks deskripsi yang didengar atau dibaca dengan benar
2. Dengan mendengarkan atau membaca teks deskripsi, siswa mampu menyebutkan ciriciri kebahasaan (kata umum khusus, makna denotasi konotasi, kata sifat, ejaan dan tanda baca) dengan benar
3. Dengan mendengarkan atau membaca teks deskripsi, siswa mampu menulis teks deskripsi dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan dengan benar
4. Dengan mendengarkan atau membaca teks deskripsi, siswa mampu mempresentasikan teks deskripsi dengan memperhatikan kejelasan lafal, intonasi, artikulasi, dan volume suara dengan benar

C. Materi Pembelajaran
1. Isi informasi teks deskripsi
2. Fakta dari teks deskripsi
3. Opini dari teks deskripsi
4. Ringkasan isi teks deskripsi
5. Presentasi ringkasan teks deskripsi
6. Struktur teks deskripsi
7. Kebahasaan teks deskripsi
8. Teks deskripsi
9. Presentasi teks deskripsi

D. Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Penugasan
5. Percobaan

E. Media Pembelajaran
1. Contoh beberapa teks laporan
2. Video
3. Internet
F. Sumber Belajar
1. Buku paket
2. Kamus Besar Bahasa Indonesia
3. Internet

G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan pertama: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
1) Siswa merespons salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat
duduk, dan kerapian meja kursi.
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya
dengan melakukan tanya jawab.
3) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menelaah struktur
dan kebahasaan teks deskripsi.
4) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan
dilakukan.
5) Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu pengetahuan dan ketrampilan.

b. Kegiatan Inti (100 menit)
1) Siswa mencermati beberapa objek melalui tayangan video.
2) Siswa mengajukan pertanyaan tentang isi informasi teks deskripsi yang didengar.
3) Siswa membaca dua teks deskripsi yang disajikan oleh pendidik.
4) Siswa mencari dan menemukan isi informasi teks deskripsi yang didengar dan dibaca.
5) Siswa mencari dan menemukan fakta-fakta dari teks deskripsi yang didengar dan dibaca.
6) Siswa mencari dan menemukan opini yang terdapat pada teks deskripsi yang didengar dan dibava.
7) Siswa memberikan tanggapan secara tulis dan lisan atas isi teks deskripsi yang didengar dan dibaca.

c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1) Guru memfasilitasi siswa menyampaikan simpulan pembelajaran.
2) Guru bersama siswa melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran khususnya kekurangan.
3) Guru menyampaikan umpan balik dalam proses pembelajaran menelaah teks laporan percobaan sederhana.
4) Guru menyampaikan tugas kepada siswa, yaitu memperbaiki isi informasi, fakta, dan opini teks deskripsi.
5) Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

2. Pertemuan kedua: 3 JP
a. Kegiatan pendahuluan (8 menit)
1) Siswa merespons salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk, dan kerapian meja kursi.
2) Guru menugasi siswa menyaksikan kegiatan praktikum di laboratorium melalui tayangan video.
3) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
4) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menelaah struktur dan kebahasaan teks deskripsi.
5) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
6) Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu pengetahuan dan ketrampilan.

b. Kegiatan Inti (100 menit)
1) Dengan difasilitasi pendidik, siswa membuat kelompok terdiri atas 2 – 3 orang per kelompok.
2) Siswa dan pendidik membahas langkah-langkah meringkas atau menuliskan kembali teks deskripsi.
3) Siswa secara berkelompok meringkas atau menuliskan kembali isi teks deskripsi dengan menggunakan bahasa sendiri.
4) Siswa secara berkelompok bergantian mempresentasikan ringkasan teks deskripsi dengan memperhatikan lafal, intonasi, artikulasi, mimik, dan volume suara.

c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1) Guru memfasilitasi siswa menyampaikan simpulan pembelajaran.
2) Guru bersama siswa melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran khususnya kekurangan.
3) Guru menyampaikan umpan balik dalam proses pembelajaran menelaah teks deskripsi.
4) Guru menyampaikan tugas kepada siswa, yaitu memperbaiki ringkasan teks deskripsi.
5) Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

3. Pertemuan ketiga: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
1) Siswa merespons salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk, dan kerapian meja kursi.
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
3) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menelaah struktur dan kebahasaan teks deskripsi.
4) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5) Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu pengetahuan dan ketrampilan.

b. Kegiatan Inti (100 menit)
1) Siswa mencermati contoh teks deskripsi melalui tayangan video.
2) Siswa dengan difasilitasi pendidik membahas struktur teks deskripsi.
3) Siswa mencari dan menemukan struktur teks deskripsi yang didengar dan dibaca.
4) Siswa dengan difasilitasi pendidik membahas, mencari, dan menemukan kesalahan ejaan dan tanda baca, penggunaan kata umum kata khusus, penggunaan kata sifat.
5) Siswa mendaftar kesalahan kebahasaan pada teks deskripsi.

c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1) Guru memfasilitasi siswa menyampaikan simpulan pembelajaran.
2) Guru bersama siswa melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran khususnya kekurangan.
3) Guru menyampaikan umpan balik dalam proses pembelajaran menelaah teks deskripsi.
4) Guru menyampaikan tugas kepada siswa, yaitu memperbaiki struktur dan kebahasaan teks deskripsi.
5) Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.
4. Pertemuan keempat: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
1) Siswa merespons salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk, dan kerapian meja kursi.
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
3) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menelaah struktur dan kebahasaan teks deskripsi.
4) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5) Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu pengetahuan dan ketrampilan.

b. Kegiatan Inti (100 menit)
1) Siswa dengan difasilitasi pendidik membahas dan menyusun peta konsep/kerangka teks deskripsi.
2) Siswa secara berkelompok menyusun teks deskripsi dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
3) Siswa secara berkelompok bergantian menyajikan teks deskripsi yang telah dibuat.
4) Siswa memberikan tanggapan hasil sajian atau presentasi kelompok.

c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1) Guru memfasilitasi siswa menyampaikan simpulan pembelajaran.
2) Guru bersama siswa melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran khususnya kekurangan.
3) Guru menyampaikan umpan balik dalam proses pembelajaran menelaah teks deskripsi.
4) Guru menyampaikan tugas kepada siswa, yaitu memperbaiki teks deskripsi.
5) Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

H. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
b. Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.

Itulah sekilas gambaran yang dapat Admin tuliskan pada artikel ini, dan untuk lebih lengkap mengenai RPP tersebut dan RPP lainnya Bapakd dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap yang telah admin sediakan dalam bentuk pdf pada link di bawah ini.

Post a Comment

0 Comments