Download Silabus IPS Kelas 7, 8, 9 K13 Tahun 2017, Pembelajaran IPS diorganisasikan dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner atau transdisipliner dari Ilmu-ilmu Sosial, Humaniora, dan Psikologi sesuai perkembangan peserta didik. Dalam kontek pembelajaran IPS, ruang dimaknai sebagai ruang kehidupan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pembelajaran IPS diharapkan dapat mengembangkan rasa cinta terhadap tanah air, memperkokoh kesatuan dan persatuan NKRI. Adapun dalam konteks pembentukan manusia Indonesia, pembelajaran IPS di SMP/MTs diharapkan dapat memberi pemahaman tentang lingkungan dan masyarakat dalam lingkup nasional dan internasional sehingga dapat mengembangkan pengetahuan, sikap, berpikir logis, sistematis, kritis, analitis, dan berketerampilan sosial. Semua itu, pada akhirnya dapat meningkatkan pemahaman potensi wilayah Indonesia, juga mengembangkan nasionalisme, memperkokoh sikap kebangsaan, dan mampu bekerja sama dalam masyarakat majemuk selaku warga masyarakat, warga negara dan warga dunia.
Silabus IPS Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017
Silabus SMP/ MTs Mata Pelajaran IPS Kelas 7, 8, 9 ini merupakan hasil perbaikan dokumen sebelumnya (Lampiran Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014). Perbaikan dilakukan atas dasar masukan publik (masyarakat sipil, asosiasi profesi, perguruan tinggi, dan sekolah) terhadap ide, dokumen, dan implementasi kurikulum yang diperoleh melalui monitoring dan evaluasi dari berbagai media. Silabus perbaikan ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.Silabus IPS Kelas VII, VIII, IX SMP/ MTs Kurikulum 2013 Tahun 2017 ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulankeunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pokok, alternatif pembelajaran dan penilaiannya. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini, guru diharapkan bertindak kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.
Berikut akan Admin gambarkan sekilas mengenai Silabus IPS Kelas VII/ 7 K13 Tahun 2017.
Kompetensi Dasar
Siswa mampu:
3.1. Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
4.1. Menjelaskan konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
Materi Pokok dan Materi Pembelajaran
Kondisi geografis Indonesia (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi.
a. Pengertian ruang dan interaksi antarruang (saling melengkapi dan persebaran).
b. Letak dan luas Indonesia (pemahaman lokasi melalui peta, letak dan luas Indonesia.
c. Kondisi alam Indonesia (keadaan fisik wilayah dan flora dan fauna).
Potensi sumber daya alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut).
a. Potensi sumber daya alam Indonesia.
b. Potensi kemaritiman Indonesia.
Sumber daya manusia (jumlah, sebaran, dan komposisi; pertumbuhan; kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan; keragaman etnik (aspek-aspek budaya).
a. Jumlah penduduk
c. Komposisi penduduk
d. Pertumbuhan dan kualitas penduduk
e. Keragam etnik dan budaya
Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Indonesia).
a. Berkembangnya pusat-pusat pertumbuhan.
b. Berkembangnya sarana dan Prasarana.
c. Berubahnya komposisi penduduk.
Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk).
a. Perubahan penggunaan lahan.
b. Perubahan orientasi mata pencaharian.
c. Adanya perubahan sosial dan budaya
Kegiatan Pembelajaran
- Mensimulasikan interaksi antarruang dengan bentuk kelompok yang menunjukan saling ketergantungan dalam bentuk simulasi pengiriman barang kebutuhan penduduk antara kelompok satu dengan yang lain. Setiap kelompok dianggap sebagai daerah atau wilayah yang berbeda. Misalnya kelompok A yang surplus beras mengirimkan ke kelompok B. Sebaliknya kelompok B mengirim ikan dan garam kepada Kelompok A. Kelompok C mengirim barang alat-alat elektronik ke kelompok B dan kelompok A. Sebaliknya Kelompok C mendapat kiriman beras dari A dan ikan dari B. Guru dapat membentuk tiga atau empat kelompok dengan jenis komoditas yang berbeda.
- Mengamati peta kondisi geografis di Indonesia dengan cara berdiskusi untuk menganalisis letak, luas, kondisi alam, flora dan fauna Indonesia.
- Membuat peta persebaran sumber daya alam di Indonesia secara berkelompok baik potensi sumber daya alam di darat maupun di laut sehingga menarik untuk dipresentasikan di depan kelas.
- Mengidentifikasi, membandingkan, dan menyajikan data kependudukan (sebaran dan pertumbuhan) berdasarkan ruang dan waktu yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik di depan kelas.
- Mengadakan pameran keragaman etnik dan budaya berupa makanan, pakaian, tarian, rumah adat, dan sejenisnya di kelas.
- Menganalisis dampak positif dan negatif interaksi ruang dengan teknik jigsaw.
- Mengidentifikasi masalah, mencari data/informasi, dan mengajukan solusi terhadap dampak interaksi antarruang dengan berbasis pada pendekatan saintifik.
Penilaian
- Penilaian pengetahuan mengunakan jenis tes pilihan ganda dan uraian.
- Penilaian keterampilan mengunakan jenis non tes yaitu observasi pada kegiatan diskusi, simulasi, dan presentasi.
- Penilaian aspek sikap mengunakan jenis non tes yaitu observasi dan jurnal.
Demikian yang dapat Admin tuliskan pada artikel ini mengenai Silabus IPS Kelas 7, 8, 9/ VII, VIII, IX SMP/ MTs Kurikulum 2013/ Kurtilas Tahun 2017. Dan untuk lebih lengkap mengenai Silabus tersebut Bapak dan Ibu dapat langsung mendownloadnya pada link di bawah ini.
0 Comments