Setelah melihat penjelasan tersebut tentunya kita sangat paham betapa pentingnya seorang Guru harus memahami dan menguasai tiap KD dan KI dalam kegiatan pembelajaran. Maka dari itu pada kesempatan tulisan artikel ini Akses Guru akan membagikan KI dan KD Seni Budaya SMA/MA Kurikulum 2013 Tahun 2017 Kelas 10, 11, 12.
KI dan KD Seni Budaya Kelas X XII XII SMA/MA Kurikulum 2013 Tahun 2017
Berikut akan Admin gambarkan sekilas mengenai KI dan KD Seni Budaya K13 Tahun 2017.
KI dan KD Kelas X Seni Rupa.
KOMPETENSI INTI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya
3.1 Memahami bahan, media dan teknik dalam proses berkarya seni rupa.
3.2 Menerapkan jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa.
3.3 Memahami pameran karya seni rupa
3.4 Memahami jenis, simbol, fungsi dan nilai estetis dalam kritik karya seni rupa.
4.1 Membuat karya seni rupa dua dimensi berdasarkan melihat model
4.2 Membuat karya seni rupa tiga dimensi berdasarkan melihat model
4.3 Memamerkan hasil karya seni rupa
4.4 Membuat tulisan kritik karya seni rupa mengenai jenis, fungsi, simbol dan nilai estetis berdasarkan hasil pengamatan
KI dan KD Kelas X Seni Musik
KOMPETENSI INTI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap seni musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya
3.1 Memahami karya musik berdasarkan simbol, jenis nilai estetis dan fungsinya
3.2 Menganalisis karya musik berdasarkan simbol, jenis nilai estetis dan fungsinya
3.3 Memahami rancangan pergelaran musik
3.4 Menganalisis karya-karya musik dan kegiatan pergelaran musik
4.1 Menyanyikan lagu- lagu berdasarkan jenisnya
4.2 Menampilkan permainan musik berdasarkan jenisnya
4.3 Mempergelarkan musik dengan memperhatikan nilai-nilai estetis
4.4 Membuat tulisan tentang beragam musik dan lagu-lagunya
Sumber KI dan KI : www.folderpendidikan.com
Itulah sekilas yang dapat Admin tulisakan dan sampaikan pada kesempatan artikel ini, dan untuk lebih lengkap mengenai KD KI Seni Budaya untuk semua kelas pada jenjang SMA/ MA Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya pada link di bawah ini.
0 Comments