KI dan KD Seni Budaya SMA/ MA Kurikulum 2013 Tahun 2017 Kelas 10 11 12

KI dan KD Seni Budaya SMA/MA Kurikulum 2013 Tahun 2017 Kelas 10 11 12
KI dan KD Seni Budaya SMA/ MA Kurikulum 2013 Tahun 2017 (Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar) sebagai seorang Guru yang pengajar pada Kelas 10, 11, 12/ X XII XIII K13/ Kurtilas tentunya Bapak dan Ibu sudah mengetahui seberapa pentingnya KI dan KD. Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki oleh peserta didik pada setiap tingkat, kelas atau program. sedangkan Kompetensi Dasar merupakan kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh oleh peserta didik melalui pembelajaran. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.( Pengertian KI dan KD)

Setelah melihat penjelasan tersebut tentunya kita sangat paham betapa pentingnya seorang Guru harus memahami dan menguasai tiap KD dan KI dalam kegiatan pembelajaran. Maka dari itu pada kesempatan tulisan artikel ini Akses Guru akan membagikan KI dan KD Seni Budaya SMA/MA Kurikulum 2013 Tahun 2017 Kelas 10, 11, 12.

KI dan KD Seni Budaya Kelas X XII XII SMA/MA Kurikulum 2013 Tahun 2017

Berikut akan Admin gambarkan sekilas mengenai KI dan KD Seni Budaya K13 Tahun 2017.
KI dan KD Kelas X Seni Rupa.
KOMPETENSI INTI
1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif  dan proaktif,  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami,  menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap  karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan 
2.1 Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya
3.1 Memahami bahan, media  dan teknik dalam proses berkarya seni rupa. 
3.2 Menerapkan  jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa.  
3.3 Memahami pameran  karya seni rupa    
3.4 Memahami  jenis, simbol, fungsi dan nilai estetis dalam   kritik  karya seni rupa. 

4.1 Membuat karya seni rupa dua dimensi berdasarkan melihat model
4.2 Membuat karya seni rupa tiga dimensi berdasarkan melihat model
4.3 Memamerkan hasil karya seni rupa 
4.4 Membuat tulisan    kritik  karya seni rupa mengenai jenis, fungsi, simbol dan nilai estetis berdasarkan hasil pengamatan

KI dan KD Kelas X Seni Musik
KOMPETENSI INTI
1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif  dan proaktif,  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami,  menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
1.1 Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan  serta bangga terhadap seni musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan 
2.1 Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya
3.1 Memahami karya musik berdasarkan simbol, jenis nilai estetis dan fungsinya  
3.2 Menganalisis karya musik berdasarkan simbol, jenis nilai estetis dan fungsinya  
3.3 Memahami rancangan pergelaran musik
3.4 Menganalisis karya-karya musik dan kegiatan pergelaran musik  

4.1 Menyanyikan lagu- lagu berdasarkan jenisnya 
4.2 Menampilkan permainan musik berdasarkan jenisnya 
4.3 Mempergelarkan musik  dengan memperhatikan   nilai-nilai estetis 
4.4 Membuat tulisan tentang beragam musik dan lagu-lagunya
Sumber KI dan KI : www.folderpendidikan.com

Itulah sekilas yang dapat Admin tulisakan dan sampaikan pada kesempatan artikel ini, dan untuk lebih lengkap mengenai KD KI Seni Budaya untuk semua kelas pada jenjang SMA/ MA Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya pada link di bawah ini.

Post a Comment

0 Comments