RPP dan Analisis Kompetensi Seni Budaya (SBK) Kelas 10, 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017 Seni Rupa, Musik, Tari, Teater, Rupa ini akan Admin bagikan di kesempatan tulisan artikel ini untuk melengkapi perangkat pembelajaran Bapak dan Ibu dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang baik dan benar. RPP merupakan bagian yang penting dalam kegiatan pembelajaran yang akan Anda laksanakan karena di dalam RPP tersbut kegiatan pembelajaran di buat lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien bersifat luwes ( fleksibel ) dan member kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikan dengan respon siswa dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya.
Maka dari itu dalam pembuatan RPP tentunya Bapak dan Ibu membutuhkan contoh/ referensi yang benar untuk Rencan Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Kelas X XI XII K13 Tahun 2017. Berikut Admin akan bagikan sekilas gambarannya pada artikel ini dan Anda dapat mendownload file lengkapnya pada link di bawah.
Contoh RPP Seni Budaya Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017
Berikut gambaran sekilas untuk RPP Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Musik) Kelas X Semester 1.
Itulah sekilas yang dapat Admin tuliskan pada kesempatan Artikel ini untuk RPP dan Hasil Kompetensi Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas X, XI, XIII K13 2017 dan untuk lebih lengkap mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tersebut Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap pada link di bawah ini.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANSekolah :
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Semester : X/Satu Materi Pokok : Penyajian karya musik
Alokasi Waktu : 2 x 2 JP
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1. KD. 1.1 Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap seni musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2. KD. 2.1 Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
KD. 2.2 Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
KD. 2.3 Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya
3. KD. 3.1 Memahami karya musik berdasarkan simbol, jenis nilai estetis dan fungsinya
Indikator
• Menjelaskan konsep penyajian karya musik
• Menjelaskan jenis, simbol dan nilai estetis dalam seni musik vocal dan instrumental.
• Membedakan beberapa hasil karya seni musik.
• Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
4. KD. 4.1Menyanyikan lagu- lagu berdasarkan jenisnya
Indikator
• Melakukan sajian musik yang dipelajari di depan kelas.
• Bereksperimen dengan beragam media dan teknik dalam membuat sajian karya musik.
• Menghubungkan data-data yang diperoleh dengan kegiatan berkarya
• Membuat Penyajian karya musik.
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, berdiskusi dan presentasi siswa dapat:
• Menjelaskan konsep penyajian karya music
• Menjelaskan jenis, simbol dan nilai estetis dalam seni musik vocal dan instrumental.
• Membedakan beberapa hasil karya seni musik.
• Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
• Melakukan sajian musik yang dipelajari di depan kelas.
• Bereksperimen dengan beragam media dan teknik dalam membuat sajian karya musik.
• Menghubungkan data-data yang diperoleh dengan kegiatan berkarya
• Membuat Penyajian karya musik.
D. Materi Pembelajaran
Fakta:
• Sajian karya seni musik di pergelaran musik
• Tayangan Musik di Media Elektronik
• Karya musik di internet
Konsep:
Penyajian karya seni musik pada umumnya melalui tahap penciptaan, penulisan partitur, latihan dan penyajian/konser.Tentunya banyak hal yang harus diperhatikan diantaranya : Teori dasar seni musik, Notasi Musik, Teknik Vokal dan instrument
Prinsip:
• Jenis dan simbol penyajian karya musik
Jenis Penyajian karya musik ada tiga macam.
Penyajian musik vocal adalah sajian musik yang hanya menampilkan suara manuasia saja, seperti Accapella, Nasyid, Paduan suara dsb.
Penyajian Musik Instrumental adalah sajian musik yang hanya menampilkan permainan alat musik saja (instrumental).
Penyajian musik campuran memadukan keduanya antara vocal dan instrumental
Simbol penyajian karya musik:
Merupakan perlambang/makna dari penyajian karya musik
No. Jenis Karya (nama) Bentuk Penyajian Makna/Simbul
1. Vokal Solo, Duet, Trio, Vokal Group, Paduan Suara Kedamaian, Keagungan, Kemegahan
2. Instrumental Solo, Duet, Trio, Kwartet, Orkestra, Band Melambangkan kebersamaan dan harmonisasi bunyi
3. Campuran Band, Orkestra, Ensambel Melambangkan kebersamaan dan harmonisasi bunyi
• Nilai estetika pada penyajian karya musik
Kemampuan dalam mempersepsi, memahami, menanggapi, merefleksi, menganalisis, dan mengevaluasi penyajian karya musik.
Alat dan media memiliki banyak variasi dan macamnya. Alat dan media dapat berupa alat music melodis, harmonis maupun ritmis bahkan elektronik. Setiap alat dan media tersebut memiliki karakter yang berbeda
• Teknik dalam penyajian karya musik dapat dimulai dengan cara yang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Mulailah dengan latihan individual (untuk sajian bersama) kemudian latihan bersama ditambah dengan alat musik agar dapat menyatukan harmonisasi bunyi.
Prosedur:
langkah-langkah membuat penyajian karya musik
Sajian musik ensambel sederhana untuk penampilan di kelas.
Pilih terlebih dahulu lagu-lagu yang akan ditampilkan dari jenis tertentu.
Buat partitur untuk tiap bagian/pemain dengan menggunakan notasi balok/angka
Lakukan latihan masing-masing terlebih dahulu dengan partitur yang sudah dibuat
Selanjutnya latihan bersama untuk menyatukan harmonisasi bunyi serta adanya saling koreksi terhadap kesalahan diantara para pemain yang akan tampil.
E. Metode Pembelajaran
• Eksperimen
• Dikusi kelompok
• Presentasi
• Penugasan
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Laptop, speaker dan projektor
2. Alat : Alat musik melodis, harmonis dan ritmis,
3. Sumber Belajar :
Buku Paket Seni Budaya Kelas X, Buku-buku lain yang relevan, Informasi melalui internet, Hasil penyajian karya musik melalui media cetak dan internet, serta sumber lain yang relevan.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Setelah mereviu hasil pencapaian kompetensi (KD) sebelumnya,siswa diperlihatkan contoh-contoh sajian musik melalui tayangan video dan dijelaskan tentangbagaimana tahapan dalam membuat sebuah sajian musikuntuk kemudian dibuat rumusan penyajian musik yang akan dilakukan oleh siswa di depan kelas.Selanjutnya melalui diskusi, mendefinisikan konsepmusik yang akan ditampilkan,menemukan rumusan untukjenis musik yang akan dibawakan dan instrumen apa yang akan digunakandan memecahkan masalah pembuatan partitur dengan menggunakan notasi angka atau balok.Melalui praktik siswa dapatmelakukan penyajian karya musik campuran antara vokal dan instrumental.serta bekerjasama, berkomunikasi, dan bekerja dengan teliti, jujur, dan penuh tanggung jawab. Empat kelompok yang terbentuk di kelas menampilkan hasil latihan musik dan vokal di depan kelas.Selama proses pembelajaran dilakuan penilaian proses pada aktivitas di kelas dan hasil tugas mandiri.
Pertemuan Kesatu
Rincian Kegiatan Waktu
Pendahuluan/Kegiatan Awal
• Merefleksi pengalaman peserta didik tentang Penyajian karya musikyang telah mereka lihat.
• Menjelaskan kaitannya dengan pengalaman mereka terhadap KD yang akan dipelajari.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran.
• Bertanya secara lisan tentang macam-macam Penyajian karya musikyang pernah mereka lihat.
• Peserta didik mencari tahu dan saling menanyakan tentang Penyajian karya musik. 15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati :
• Siswa mengamati Penyajian karya musik melalui media cetak atau internet.
• Guru mengamati dan menilai aktifitas siswa.
Menanya :
• Siwa saling bertanya tentang hasil pengamatan siswa tentang Penyajian karya musik.
Mencoba :
• Siswa dibagi dalam 4 (empat) kelompok.
• Siswa dalam kelompok diminta untuk mengidentifikasi musik mp3 dan video musik yang telah diperolehnya kedalam Penyajian karya musik.
• Siswa diminta mengelompokkan Penyajian karya musik menurut jenis, media dan ide penciptaannya.
• Masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian.
• Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan presentasi serta membimbing diskusi mereka.
Mengasosiasi :
• Siswa menyimpulkan jenis Penyajian karya musik
• Masing-masing kelompok berdiskusi tentang jenis dan simbol Penyajian karya musik.
• Masing-masing kelompok berdiskusi tentang nilai estetis dalam Penyajian karya musik.
• Guru membimbing dan menilai aktifitas siswa dalam mengidentifikasi Penyajian karya musik.
Mengomunikasikan :
• Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian
• Guru menilai kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara lisan 60 menit
Penutup :
• Guru bersama siswa menyimpulkan karakteristik Penyajian karya musik
• Guru bersama siswa menyimpulkan jenis dan simbul Penyajian karya musik.
• Guru bersama siswa menyimpulkan nilai estetis Penyajian karya musik
• Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari Penyajian karya musik serta mengidentifikasi bahan dan alat yang dibutuhkan
• Guru menugaskan kepada siswa untuk membawa bahan dan alat Penyajian karya musik untuk pertemuan berikutnya.
15 menit
Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan Waktu
Pendahuluan/Kegiatan Awal
• Merefleksi hasil pretes dan postes pertemuan sebelumnya
• Menagih dan mengingatkan tugas baca dan browsing
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
• Melaksanakan pretes tentang Penyajian karya musik 15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati dan Menanya
Dua orang siswa dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas baca dan browsing tentang Penyajian karya musik
Mencoba
• Kelompok diminta untuk mencoba membuat perencanaan untuk penampilan musik di depan kelas.
• Setiap kelompok diberikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan Penyajian karya musik
• Kelompok mendiskusikan pemecahan masalah Penyajian karya musik
Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan kemampuan menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah dan keterampilan mencoba instruksi kerja
Mengasosiasi
• Kelompok mendiskusikan hasil kegiatan tentang hubungan antara music vocal dan instrumental dan bagaimana menggabungkannya.
• Dengan fasilitasi guru, siswa merumuskan Penyajian karya musikgabungan antara vocal dan instrumental.
Guru menilai keterampilan mengolah dan menalar
Mengomunikasikan
• Perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusi pemecahan masalah
• Guru menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi 60 menit
Penutup
• Bersama siswa menyimpulkan Penyajian karya musik vocal dan instrumental
• Memberikan tugas baca lembar kerja praktik yang akan datang
• Melaksanakan postes 15 menit
Pertemuan Ketiga
Rincian Kegiatan Waktu
Pendahuluan/Kegiatan Awal
• Merefleksi hasil pretes dan postes pertemuan sebelumnya
• Menagih dan mengingatkan tugas baca
• Menyampaikan tujuan pembelajaran 15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
• Siswa membaca kembali lembar kerja praktik
Menanya
• Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang prosedur/langkah kerja praktik yang perlu dikonfirmasi
Mencoba
• Siswa dibagi dalam kelompok, masing-masing terdiri dari 5 – 7 orang siswa
• Siswa bekerja dalam kelompok sesuai langkah kerja dalam lembar kerja untuk mendapatkan data
Guru menilai keterampilan menggunakan alat, mengolah, dan menyaji data, serta kejujuran dan ketelitian dlam memperoleh data, serta kerjasama dalam kelompok
Mengasosiasi
• Kelompok mendiskusikan penyajian dan pengolahan data serta menyiapkan bahan Penyajian karya musik kelompok
• Guru menilai kerjasama dan tanggungjawab siswa dalam kerja kelompok
Mengomunikasikan
• Kelompok mempresentasikan/menampilkan hasil kerja kelompok (penampilan musik di kelas)
• Guru menanggapi hasil penampilan untuk memberi penguatan pemahaman dan/atau mengklarifikasi miskonsepsi
Guru menilai keeterampilan menyaji dan menalar, serta kesantunan dan kemampuan berkomunikasi 60 menit
Penutup
• Bersama siswa menyimpulkan kembali hasil praktik dan mengingatkan pentingnya kecermatan, ketelitian, keuletan, dan kejujuran dalam memperoleh, menyajikan, mengolah, dan menganalisis data, serta pentingnya kerjasama, kolaborasi, dan komunikasi dalam kerja kelompok
• Memberikan tugas presentasi penerapan Penyajian karya musik dalam kehidupan dan teknologi dan persiapan mengikuti tes tertulis (Ulangan harian) pada pertemuan yang akan datang
15 menit
Pertemuan Keempat
Rincian Kegiatan Waktu
Pendahuluan/Kegiatan Awal
• Merefleksi hasil laporan praktik yang sudah terkumpul
• Menagih dan mengingatkan tugas baca
• Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui presentasi 15 menit
Kegiatan Inti
Mengomunikasikan
• Dua orang siswa dari kelompok berbeda yang dipilih secara acak diminta untuk mempresentasikan tugasnya
• Siswa lain dari kelompok berbeda bertanya dan menanggapi presentasi
Satu siswa diminta menyampaikan refleksi pengalaman belajar tentang Penyajian karya musik
Guru menilai kemampuan menyaji dan menalar, serta komunikasi 35 menit
Penutup
• Siswa melaksanakan tes tertulis ulangan harian
• Memberikan tugas baca untuk pertemuan berikutnya tentang Teknik menciptakan lagu 40 menit
H. Penilaian
4. Jenis/teknik penilaian
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis dan praktek.
5. Bentuk instrument dan instrumen
Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
Instrumen laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
6. Pedoman penskoran (Terlampir)
Sumber/Referensi
Buku Pegangan Kurikulum 2013
Seni Budaya Jilid 1
Art & Culture 1 for grade X senior High School (Grafindo Media Pratama)
Buku Seni Budaya Penunjang Aktivitas siswa
http://forumguru.com
http://e-dukasi.net
http://psb-psma.go.org.id
Bogor, ..... Mei 2013
Mengetahui Kepala SMA .... Guru MAPEL Seni Budaya
.................................. ………………………………………..
NIP. NIP.
Catatan Kepala Sekolah
.............................................................
Download RPP dan Analisis Kompetensi Seni Budaya Kelas 10 11 12 Kurikulum 2013 Tahun 2017
0 Comments