Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang Admin bagikan pada kesempatan ini merupakan Contoh RPP Kelas 6 (VI) Kurikulum 2013 Tahun 2017. karena RPP haruslah di buat oleh Guru yang bersangkutan yang akan melaksankan kegiatan pembelajaran sesuai dengan materi yang akan di berikan kepada siswa-siswinya.
RPP Kelas 6 K13 Tahun 2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : ....................................................
Kelas / Semester : 6 / 1
Tema / Topik : Bhineka Tunggal Ika
Petemuan ke : 1
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
Menerima, menghargai dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
Menghargai keanekaragaman agama, sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Menghayati sikap bangga sebagai bangsa Indonesia
Mengetahui susunan UUD 1945 melalui bacaan atau permainan
Bahasa Indonesia
Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
Menyapa orang lain dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih, atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya.
Mendengarkan isi berita dari televisi atau radio, mencatat pokok-pokok isinya, dan menanggapi isinya secara tertulis
Membaca dan mengajukan pendapat secara tertulis informasidari kolom/rubrik khusus (majalah anak-anak, koran, dsb.)
Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, daftar riwayat hidup, dsb
Matematika
Membuat kuesioner/lembar isian sederhana untuk mendapatkan informasi tertentu
Menyajikan hasil pengumpulan data dalam bentuk tabel dan grafik
Menjelaskan arti rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data
Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis
Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam
Membentuk/menggambar bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya
Membentuk/menggambar bangun datar gabungan serta menghitung luasnya
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menentukan kalimat matematika yang sesuai dan solusi dari masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data yang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta membuktikan kebenaran atau masuk akalnya jawaban
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Mempraktikkan sebuah rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsisten, tepat dan Pyramid yang baik serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dan dinamis, tumpuan dan gantungan (misalnya: Pyramid) dalam kelompok besar
Seni, Budaya, dan Prakarya
Membuat karya kreatif tekstil yang mengacu pada kerajinan tekstil Nusantara
Menyanyikan lagu daerah dua suara dengan iringan
Memperagakan tari bertema sesuai dengan busana pokok mengacu pada gaya tari daerah dengan komposisi tari
C. INDIKATOR
PPKn
Menyimpulkan nilai positif dari cerita rakyat
Menuliskan nama-nama tentang suku bangsa / ras, agama, status sosial, budaya, tradisi atau kegemaran, dll, berdasarkan kuesioner yang dibuat
Menjelaskan tradisi dalam keluarga sendiri berdasarkan agamanya masing-masing
Menjelaskan kekayaan budaya yang dimiliki oleh indonesia
Menyimpulkan sikap-sikap yang harus dimiliki sebagai bangsa indonesia
Menunjukkan sikap bangga sebagai bangsa indonesia
Menceritakan awal terbentuknya UUD 1945
Menyusun alinea UUD 1945 yang acak menjadi kesatuan yang utuh
Mencocokkan kalimat UUD 1945sesuai dengan letak alinea yang tepat
Bahasa Indonesia
Menunjukkan sikap positif terhadap bahasa Indonesia
Memberikan contoh peran bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan nasional
melakukan percakapan dan memainkan peran
membuat kalimat langsung
Menyimpulkan pokok-pokok penting berita berdasarkan 5W1H
Memberikan tanggapan tertulis terhadap masalah, lalu menganalisis dan memberikan solusi terhadap masalah.
Mencatat informasi penting dari kolom/rubik khusus (majalahanak, koran, dsb.)
Menjawab pertanyaan tentang isi informasi dari kolom/rubik khusus (majalahanak, koran, dsb.)
Menyampaikan tanggapan secara tertulis tentang informasi dari kolom/rubik khusus (majalahanak, koran, dsb.)
Menjelaskan tentang teknik pengisian formulir dengan benar
Mengisi formulir (pendaftaran, kartuanggota, kartu pos, daftarriwayathidup, dsb.)tertentu dengan benar dengan pilihan kata dan ejaan yang tepat
menyusun riwayat hidup berdasarkan formulir boidata
mendeskripsikan
diri: prestasi, suka duka, dan orang yang paling berjasa dalam mendukung prestasi.
Matematika
Mengukur panjang suatu benda dengan meteran
Mengukur keliling suatu benda dengan meteran
Membuat lembar isian sederhana untuk memperoleh informasi
Mengisi lembar isian dengan benar
Menjelaskan hasil isian lembar isian,
Menyajikan data dengan tabel
Menyajikan data dengan grafik
Menjelaskan ukuran pemusatan data
Menghitung ukuran pemusatan data
Menjelaskan informasi berdasarkan data dengan menggunakan ukuran pemusatan
menafsirkan informasi berdasarkan ukuran pemusatan
Mengukur besar sudut dg satuan tidak baku
Mengukur besar sudut dg satuan tidak baku
Menentukan bentuk suatu bangun ruang
Menghitung volume suatu bangun ruang
Membentuk bangun datar gabungan
Mengitung luas bangun datar
Menyusun kalimat matematika suatu masalah
Menyelesaikan masalah yang berkaitan denganoperasi hitung, bangun ruang
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Aspek Kognitif
Menyebutkan konsep rangkaian senam ketangkasan (guling depan, sikap melayang, guling belakang, sikap lilin)
Aspek Psikomotorik
Memperagakan rangkaian sikap melayang dan guling depan
Memperagakan rangkaian sikap melayang dan guling belakang
Memperagakan rangkaian sikap melayang ,guling depan/belakang dan sikap lilin
Membentuk yramid secara kelompok
Aspek Afektif
Menunjukkan prilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas gerak
Seni, Budaya, dan Prakarya
Menghasilkankaryakreatifberdasarkankerajinantekstilnusantara
Menghasilkan motif hiastekstilnusantara
Menyanyikanlagudearahduasuara
Menarikantaribertemadengan menggunakanbusanapokok yang mengacupadagayataridaerah
D. TUJUAN
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan guru
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
E. MATERI
PPKn
Nilai Positif Cerita Rakyat
Mengenal ras, agama, sosial, budaya dan tradisi Suku Bangsa
Sikap sebagai Warga Negara
UUD 45
Bahasa Indonesia
Peran Bahasa Indonesia
Membuat Tanggapan dan Solusi Masalah
Formulir
Matematika
Tabel
Grafik
Bangun Ruang
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Senam Ketangkasan
Pyramid Kelompok
Seni, Budaya, dan Prakarya
Kerajinan Tekstil
Lagu Daerah
Tari Daerah
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Pendahuluan
Inti
Penutup
Deskripsi Kegiatan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan .
Mendengarkan cerita rakyat dari berbagai daerah dan mendiskusikan nilai-nilai positif dari cerita tersebut
Menyanyikan lagu-lagu daerah nusantara
membaca teks percakapan.
bertanya jawab/diskusi tentang teknik menyusun percakapan
menentukan tema percakapan
menyusun kalimat percakapan dengan ejaan yang benar dan santun
menulis teks percakapan
Membuat kuesioner untuk mengumpulkan data tentang suku bangsa / ras, agama, status sosial, budaya, tradisi atau kegemaran, dll
konsep rangkaian senam ketangkasan (guling depan, sikap melayang, guling belakang, sikap lilin
Penilaian proses:
Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.
Gambar-gambar untuk Example non Example
Kelompok gambar kebersihan kelas
Gambar kegiatan menyapu kelas
Gambar kegiatan membersihkan debu
Gambar kegiatan menata buku
Membersihkan jendela kelas
Kelompok gambar kebersihan rumah
Gambar kegiatan menyapu rumah
Gambar kegiatan mengepel lantai
Gambar kegiatan menata tempat tidur
Gambar kegiatan membersihkan/menyapu kebun
Kelompok gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti kampung
Gambar kegiatan membersihkan selokan
Gambar kegiatan membersihkan sampah di jalanan
Gambar kegiatan membuang sampah
Gambar kegiatan merawat tanaman peneduh
Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kebersihan lingkungan, ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling membantu, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan cerminan dari sikap bertanggung jawab.
Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya
Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu ” Oh Ibu dan Ayah ” untuk mencairkan suasana dan kepenatan setelah belajar beberapa jam:
Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
Memberi contoh sikap yang benar dalam menyanyi
Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
Menggunakan format pengamatan
Guru mengajak bertanya jawab tentang makna lagu. Bahwa salah satu dampak dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit. Dsb
Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan)
Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)
Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang rumah yang bersih dan sehat
Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang
Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan hidup sehat
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
Alokasi
Waktu
10 menit
150 menit
15 menit
H. SUMBER DAN MEDIA
Diri anak
Lingkungan keluarga
Lingkungan sekolah
Buku Tematik Kelas 6
Buku Pengembangan Diri Anak
Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
Gambar/contoh langsung karya cetak dengan berbagai bahan alam dan bentuk
Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan alur sederhana
Buku kirigami (seni mengunting)
Buku Pengembangan Diri Anak
I. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
Penilaian Kinerja
Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar
Pilihan ganda
Isian singkat
Esai atau uraian
Demikian sekilas yang dapat Admin tuliskan pada kesempatan artikel ini mengenai RPP Kelas VI, untuk lebih lengkap dan jelas mengenai RPP tersebut Bapak dan Ibu dapat mendownload filenya secara lengkap pada link di bawah ini.
RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD / MI 2017
Download RPP SD KELAS 6 SEMESTER 1 - Bhinneka Tunggal Ika
Download RPP SD KELAS 6 SEMESTER 1 - Selamatkan Makhluk Hidup
Download RPP SD KELAS 6 SEMESTER 1 - Tokoh dan Penemu
Download RPP SD KELAS 6 SEMESTER 2 - Globalisasi
Download RPP SD KELAS 6 SEMESTER 2 - Wirausaha
Download RPP SD KELAS 6 SEMESTER 2 - Kesehatan Masyarakat
0 Comments