Soal Pre Test PPGJ Tahun 2017-2018

Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan (PPGJ) merupakan Program yang saat ini sedang di selenggarakan. Kegiatan tersebut di mulai pada bulan November 2017 dan telah mengundang 500 Ribu Guru yang memuhi syarat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Input data yang terundang sebagai peserta PPG yaitu dari Dapodik. Setelah Bapak dan Ibu di undang untuk mengikuti kegiatan Program PPG, Anda akan melaksanakan berbagai kegiatan salah satu yaitu kegiatan Pre Test. Kegiatan Pre test di laksanakan untuk melihat kemampuan Awal atau dapat di sebut Raport Awal Bapak dan Ibu sebelum melaksanakan kegiatan Inti dari PPGJ. JadwaI pretest  PPG Dalam Jabatan Tahun 2018 (PPG 2018) akan dilaksankan mulai tanggal 27 Nopember 2017  sampai dengan 5 Desember 2017 bertempat di tempat uji kompetensi (TUK) yang berlokasi di seluruh provinsi di Indonesia.

Melihat begitu pentingnya kegiatan tersebut, maka di kesempatan tulisan ini Admin Akses Guru akan membagikan Soal Pre Test PPGJ Tahun 2017-2018 beserta jawaban sebagai bahan persiapan bagi Anda Bapak dan Ibu yang akan mengikuti kegiatan tersebut.
Di bawah ini Admin akan gambarkan sekilas mengenai soal tersebut beserta link download untuk Soal Pre Test PPGJ.
Soal Pre Test PPGJ Tahun 2017-2018

Soal Pre Test PPGJ Tahun 2017-2018

1. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional dan kepribadian

2. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial

3. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu

4. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme

5. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme

6. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme

7. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme

8. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik

9. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL

10. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran

Soal-soal di atas yang Admin tulisakan merupakan sekilas gambaran dari soal PPGJ yang akan di bagikan. Admin akan membagikannya secara lengkap, dan semoga dapat memberikan pemahaman yang lebih kepada Bapak dan Ibu yang akan melaksankan kegiatan Pre test. dan Admin informasikan bahwa soal tersebut merupakan kompetensi Pedagogik dan Profesional yang merupakan materi dalam kegiatan Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan. Silahkan Bapak dan Ibu untuk mendownloadnya di bawah ini:
Soal Pre Test PPGJ 1
Soal Pre Tes PPGJ Paket 2
Soal Pre Tes PPGJ Paket 3
Soal Pre Tes PPGJ Paket 4
Suplemen soal PLPG Plus Kunci Jawaban

    Post a Comment

    0 Comments