RPPH PAUD Kurikulum 2013 Lengkap dan Terbaru

Pada kesempatan ini Admin Akses Guru akan memberikan contoh RPP Paud K13 yang mana Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) merupakan rancangan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan bermain yang memfasilitasi anak dalam proses belajar. Di dalam pembuatan rencana pembelajaran harus mengacu kepada karakteristik (usia, sosial budaya, dan kebutuhan individual) anak.

RPPH sebaiknya di buat oleh oleh Guru yang akan melaksanakan kegiatan tersebut, di buat dengan materi yang di sesuai dengan yang akan di berikan juga mengacu kepada karakteristik baik dalam usia, sosial budaya, dan kebutuhan individual. Maka dari itu file yang Admin bagikan RPPH PAUD Kurikulum 2013 Lengkap dan Terbaru hanyalah sebagai referensi karena RPPH yang baik dan benar tentunya di buat sendiri oleh Anda.

RPPH PAUD Kurikulum 2013

Berikut Admin gambarkan salah satu file RPPH K13 beserta link download untuk semua RPPH PAUD Kurikulum 2013 Lengkap dan Terbaru, silahkan terlebih dahulu Bapak dan Ibu untuk menyimak gambarannya berikut.

Model Pembelajaran : Kelompok
Hari, Tanggal :
Kelompok / Usia : A (4–5 Tahun)
Tema / Sub Tema : Diriku / Tubuhku

A. MATERI DALAM KEGIATAN
1. Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2. Menyebutkan kegunaan pensil, crayon, serutan, penghapus, penggaris
3. Lagu “Badan Aku Amat Gaya”, dan cerita ”Badan Ani Sehat Sekali”

Badan Aku Amat Gaya
Badan aku amat gaya
Tidakkan lembek atau lemah
Sebagai laskar yang gagah
Badan aku membela Nusa

Badan Ani Sehat Sekali
Susana Bermain Balok di Sudut Sekolah
Susana sudah sekolah kelas nol kecil.
Susana senang bermain di sekolah.
Hari Senin susana bermain balok di sudut sekolah.
Susana mengambil beberapa balok kayu.
Susana memilih balik yang berwarna kuning dan biru.
Susana menyusun balok membentuk gedung sekolah.
Balok berwarna kuning untuk tembok.
Balok berwarna biru untuk pintunya.
Susana bangga sekali dengan gedung sekolah yang dibuatnya.


B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1. Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2. Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3. Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4. Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.


C. ALAT DAN BAHAN
1. ATK terdiri dari pensil, crayon, serutan, penghapus, penggaris.
2. Timbangan badan
3. Ukuran tinggi badan
4. Buku Seri Diri Sendiri halaman 3

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar Waktu Sumber
Pembukaan
1. Menyanyi lagu Badan Aku Amat Gaya
30’ Lagu Badan aku Amat Gaya

Inti
2. Menimbang berat badan
3. Mengukur tinggi badan
4. Mengetahui kesesuaian berat dan tinggi badan
5. Menyebutkan identitas diri

6. Menyebutkan kegunaan pensil, crayon, serutan, penghapus, penggaris
7. Menirukan kalimat 3 kata: Aku bernama Ani 60’ Timbangan badan
Ukuran tinggi badan


Buku Seri Diri Sendiri hal 3
Kegunaan alat tulis


Kalimat Aku bernama Ani
Istirahat
Cuci tangan, makan, minum 30’ Bekal anak
Penutup
8. Menirukan gerakan merayap
9. Mendengarkan cerita”Badan Ani Sehat Sekali”

30’ Gerakan anak merayap
Cerita Badan Ani Sehat Sekali


E. PENILAIAN
1. Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No Lingkup Perkembangan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) KD Indikator
I Nilai Agama
dan Moral 1. Mengetahui agama yang dianutnya
3. Mengucapkan doa sebelum dan/ atau sesudah melakukan sesuatu
5. Membiasakan diri berperilaku baik
6. Mengucapkan salam dan membalas salam 1.1
3.1
4.1
3.2
4.2 a. Menyanyikan lagu keagamaan sederhana
b. Berdoa sebelum melakukan kegiatan
c. Berdoa sesudah melakukan kegiatan
d. Meminta tolong dengan baik
e. Mengucapkan salam dengan guru

II Fisik Motorik a.1 Menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat  terbang, dsb.
b.3 Melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
c.1 Berat badan sesuai tingkat usia
c.2 Tinggi badan sesuai tingkat usia
c.3 Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan 2.1
3.3
4.3 a. Menirukan gerakan merangkak
b. Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukan gerakan antisipasi (misal: permainan lempar bola)
c. Memiliki kesesuaian antara usia dengan berat badan
d. Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
e. Memiliki kesesuaian antara tinggi dengan berat badan
III Kognitif a.1 Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis). 3.6
4.6 a. Menyebutkan kegunaan alat tulis: pinsil, krayon, serutan, penghapus, penggaris
IV Bahasa b.1 Mengulang kalimat sederhana.
b.2 Menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan.
3.11
4.11 a. Menirukan kalimat 3 kata (SPO)
b. Menjawab pertanyaan tentang identitas dirinya
V Sosial Emosional a.1 Mengendalikan perasaan.
b.1 Menjaga diri sendiri dari lingkungannya 3.13
4.13 a. Mau berpisah dengan ibu tanpa menangis.
b. Mengenal dan menghindari cara bermain yang dapat memba-hayakan dirinya dan orang lain
VI Seni b.1 Memilih jenis lagu yang disukai
b.2 Bernyanyi sendiri 3.15
4.15 a. Menyanyi bersama-sama dan individu dari lagu yang dipilih anak

2. Teknik Penilaian
a) Catatan hasil karya
b) Catatan anekdot, dan
c) Skala capaian perkembangan (rating scale)

Lembar teknik penilaian disajikan pada lembar terpisah.
RPPH PAUD Kurikulum 2013 Lengkap dan Terbaru
Demikian sekilas yang dapat Admin gambarkan untuk RPPH PAUD Kurikulum 2013 Lengkap dan Terbaru. Lebih lengkap silahkan Bapak dan Ibu untuk mendownoad file lengkapnya pada link berikut ini:

Contoh RPPH PAUD Kurikulum 2013 

Contoh RPPH PAUD Tema Diriku atau Diri Sendiri Subtema Identitas
Contoh RPPH PAUD Tema Diriku atau Diri Sendiri Subtema Wajahku
Contoh RPPH PAUD Tema Diriku atau Diri Sendiri Subtema Anggota Tubuhku
Contoh RPPH PAUD Tema Diriku atau Diri Sendiri Subtema Kesukaanku
Contoh RPPH PAUD Tema Keluarga Subtema Anggota Keluarga
Contoh RPPH PAUD Tema Keluarga Subtema Kebiasaan dalam Keluarga
Contoh RPPH PAUD Tema Keluarga Subtema Makanan dan Pakaian
Contoh RPPH PAUD Tema Keluarga Subtema Rumahku
Contoh RPPH PAUD Model Kelompok Kurikulum 2013

RPPH PAUD TEMA DIRIKU SUBTEMA IDENTITAS - MINGGU 1.docx
RPPH PAUD TEMA DIRIKU SUBTEMA WAJAHKU - MINGGU 2.docx
RPPH PAUD TEMA DIRIKU SUBTEMA ANGGOTA TUBUHKU - MINGGU 3.docx
RPPH PAUD TEMA DIRIKU SUBTEMA KESUKAANKU - MINGGU 4.docx
RPPH PAUD TEMA KELUARGA SUBTEMA ANGGOTA KELUARGA - MINGGU 5.docx
RPPH PAUD TEMA KELUARGA SUBTEMA KEBIASAAN - MINGGU 6.docx
RPPH PAUD TEMA KELUARGAKU SUBTEMA MAKANAN - MINGGU 7.docx
RPPH PAUD TEMA KELUARGAKU SUBTEMA RUMAHKU - MINGGU 8.docx
RPPH PAUD MODEL KELOMPOK KURIKULUM 2013 TEMA DIRIKU.docx
RPPH PAUD TEMA DIRI SENDIRI KURIKULUM 2013.docx

Post a Comment

0 Comments