Contoh RPP IPS Kelas 7, 8, 9/ VII, VIII, IX Kurikulum 2013 Tahun 2017 yang akan Admin bagikan pada kesempatan ini tentunya akan membantu Bapak dan Ibu yang memegang mata pelejaran IPS untuk jenjang SMP/ MTs. Tentunya untuk RPP tahun 2017 terdapat beberapa perbedaan yang harus di ketahui agar pembuatan RPP yang Bapak dan Ibu buat dapat baik dan benar.
Baca Juga
- RPP PJOK Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017
- RPP Seni Budaya Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017
- RPP Matematika Kelas 7, 8, 9 K13 Tahun 2017
Contoh RPP IPS Kelas 7, 8, 9 K13 Tahun 2017
Berikut Admin gambarkan sekilas untuk RPP Kelas VII Semester 1 Materi Pokok : Letak, lokasi, dan interaksi keruangan Kurikulum 2013 Tahun 2017.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANItulah sekilas yang dapat Admin Akses Guru tuliskan untuk RPP Kelas VI dan untuk lebih lengkap mengenai RPP IPS Kelas 7, 8, 9 K13 Tahun 2017 Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap pada link di bawah ini yang telah Admin sediakan untuk Bapak dan Ibu secara gratis.
(RPP)Nama Sekolah : SMP/MTs……Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan SosialKelas/Semester : VII/IMateri Pokok : Letak, lokasi, dan interaksi keruanganAlokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran (2 kali Pertemuan)A. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi,geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia sertapengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial,budaya, dan pendidikan.3.1.1 Menjelaskan pengertian ruang dan interaksi antarruang untuk salingmelengkapi kebutuhan antar daerah.3.1.2 Mendeskripsikan letak dan luas Indonesia yang dikaitkan dengan posisistrategis kepulauan Indonesia diantara dua benua dan dua samuderamelalui peta rupa bumi.3.1.3 Mengidentifikasi kondisi alam berupa iklim, geologi, rupa bumi, tataair, dan tanah, serta flora dan fauna di wilayah negara Indonesia.4.1 Menjelaskan konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk mukabumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia sertapengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi,sosial, budaya, dan pendidikan.4.1.1 Membuat bagan tentang interaksi antarruang untuk saling melengkapikebutuhan antar daerah; yaitu interaksi antara daerah surplus dengandaerah minus.4.1.2 Membuat sketsa peta Indonesia diantara dua benua dan dua samudera.4.1.3 Membuat diagram bentuk muka bumi misalkan pegunungan, aliransungai, teluk, tanjung, danau, dan sketa peta flora dan fauna di wilayahnegara Indonesia.B. Tujuan PembelajaranSetelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu:1. Menjelaskan pengertian ruang dan interaksi antarruang untuk saling melengkapikebutuhan antar daerah dengan membuat bagan saling melengkapi kebutuhanantara daerah surplus dengan daerah minus dengan penuh tanggung jawab.2. Mendeskripsikan letak dan luas Indonesia yang dikaitkan dengan posisistrategis kepulauan Indonesia melalui peta rupa bumi dan mampu membuatsketsa peta Indonesia dalam posisi strategis diantara dua benua dan duasamudera dengan teliti dan rasa ingin tahu.3. Mengidentifikasi kondisi alam berupa iklim, geologi, rupa bumi, tata air, dantanah, serta flora dan fauna di wilayah negara Indonesia yang dilengkapi denganpembuatan diagram bentuk muka bumi di daerah setempat (pegunungan,dataraan tinggi, dataran rendah, dan wilayah pantai) dengan teliti.C. Materi Pembelajaran1. Pengertian ruang dan proses interaksi antarruang.a. Interaksi antar ruang untuk saling saling melengkapi (Complementarity atauRegional Complementarity) kebutuhanb. Interaksi antar ruang untuk pemeratan penduduk.2. Letak dan luas Indonesiaa. Lokasi strategis antara dua benua dan dua samudera yang ditunjukkanmelalui peta.b. Keuntungan dan kerugian lokasi Indonesia.3. Kondisi Alam Indonesia yang ditunjukkan dengan peta dan gambar.a. Kondisi iklim indonesia.b. Kondisi geologis kepulauan Indonesia.c. Bentuk muka bumi Indonesia.d. Keragaman flora dan fauna Indonesia.D. Metode Pembelajaran1. Metode pembelajaran: ceramah, simulasi, diskusi, dan presentasi.2. Pendekatan/model : saintifik (inquiry)E. Media Pembelajaran1. Peta Indonesia.2. Atlas Indonesia yang memuat iklim, geologis, relief permukaan bumi, danpersebaran flora dan fauna.3. Gambar dan foto.4. Sepiring nasi yang dicampur sayur dan lauk pauknya.5. Video yang dilengkapi LCD.F. Sumber Belajar1. Buku Siswa2. Media cetak3. Media elektronik (internet)4. Lingkungan alam sekitarG. Langkah-langkah PembelajaranPertemuan 1: 4 JPPendahuluan1. Guru memberi salam dan menanyakan tentang kesiapan pembelajaran.2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dengan menuliskan di papan tulis.3. Guru menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran.4. Guru memberi motivasi untuk membangkitkan minat belajar IPS.Kegiatan Inti5. Kelas dibagi dalam formasi empat kelompok. Setiap kelompok dibagiguntingan kertas yang isinya ketersediaan dan ketidaksediaan bahan pangan,sandang, alat rumah tangga, mebel, dan barang-barang perniagaan lainnya.a. Kelompok 1 memperoleh guntingan kertas:- Beras surplus 1 juta ton- Ikan asin surplus 100 ton- Kedelai minus 200 ton- Bawang merah minus 50 ton- Tidak memiliki bahan bakar- Kain batik minus 300 meterb. Kelompok 2 memperoleh guntingan kertas:- Beras minus 100 ton- Kedelai surplus 300 ton- Memiliki cadangan bahan bakar- Memiliki produk tahu dan tempe- Minus telur ayam 50 ton- Kain batik surplus 1 juta meter- Minus alat rumah tangga 50 unitc. Kelompok 3 memperoleh guntingan kertas:- Beras minus 200 ton- Kacang hijau surplus 100 ton- Memiliki cadangan bahan bakar- Memiliki cadangan bahan bangunan- Daging sapi surplus 500 ton- Meubeler surplus 50 unit- Berbagai alat rumah tangga surplus 100 unitd. Kelompok 4 memperoleh guntingan kertas:- Kedelai surplus 300 ton- Memiliki cadangan bahan bakar- Memiliki produk tahu dan tempe- Minus telur ayam 50 ton- Daging sapi surplus 500 ton- Meubeler surplus 50 unit- Berbagai alat rumah tangga surplus 100 unit6. Guru menyelenggarakan simulasi barter antar kelompok sebagai simbolinteraksi keruangan.7. Guru meminta tanggapan peserta didik tentang interaksi keruangan dari hasilsimulasi dan guru memberi makna tentang adanya interaksi keruangan.8. Guru membawa sepiring nasi beserta lauk pauknya di depan kelas yangbahannya dari sumber daya pertanian, perkebunan, dan hasil-hasil laut(kemaritiman).9. Guru membentangkan peta Indonesia di depan kelas.10. Guru dan peserta didik mengidentifikasi asal daerah bahan baku sepiring nasitersebut. Daerah asal dari bahan-bahan tersebut ditandai pada peta; beras daridaerah A, garam dapur dari B, cabe dari C, dan seterusnya. Barang barangtersebut didapat karena adanya kegiatan perniagaan antar daerah.11. Pada sub materi berikutnya guru menampilkan peta Indonesia yang beradadiantara dua benua dan dua samudera.12. Guru mengajak peserta didik untuk menghafal nama-nama negara, benua Asia,Benua Australia di sekitar Indonesia.13. Guru menampilkan peta dan jadwal penerbangan pesawat terbang yangmelewati Indonesia sehingga menunjukkan Indonesia berada di persimpanganjalan.14. Kelas dibagi empat kelompok. Setiap kelompok mengajukan pendapat tigakeuntungan Indonesia berada di posisi strategis dunia sebagai negara maritim,dan dua kerugiannya.15. Hasil diskusi dibacakan oleh masing-masing ketua kelompok di depan kelas.Penutup16. Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran17. Guru meminta salah seorang peserta didik untuk melakukan refleksi atautanggapan tentang manfaat mempelajari IPS.18. Peserta didik ditugaskan mencari 3 buah foto yang berkaitan dengan kondisialam Indonesia seperti sungai, gunung, batuan, jenis flora dan fauna Indonesia.Diusahakan tidak ada yang sama.Pertemuan 2: 4 JplPendahuluan1. Guru memberi salam dan menanyakan tentang kesiapan pembelajaran.2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dengan menuliskan di papan tulis.3. Guru menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran.4. Guru memberi motivasi untuk membangkitkan minat belajar IPS.Kegiatan Inti5. Guru menagih tugas dari peserta didik pada minggu sebelumnya. Gambar ataufoto ditampilkan di depan kelas dan diapresiasi (dikomentari) oleh guru.6. Guru menampilkan peta relief Indonesia yang nampak deretan pegunungan,sungai, lautan, garis astronomis.7. Guru membahas tentang komponen peta sehingga peserta didik dapatmembaca legenda peta dengan baik dan memahami koordinat peta.8. Guru menjelaskan sekilas tentang karakteristik pola angin musim, pola curahhujan, dan iklim Indonesia.9. Guru menjelaskan sekilas tentang proses pembentukan pegunungan sirkummediterania dan sirkum pasifik yang bertemu di Indonesia10. Guru menjelaskan sekilas tentang bentuk-bentuk permukaan bumi Indonesiabaik daratan dan lautan sebagai bentuk negara maritim.11. Guru menjelaskan sekilas tentang jenis dan persebaran flora dan faunaIndonesia.12. Kelas dibagi empat kelompok. Setiap kelompok diberi tugas untukmemperdalam materi dengan cara berdiskusi dengan produk tertentu.a. Kelompok 1: memperdalam materi tentang iklim dan pola cuaca Indonesia.Produk yang dihasilkan oleh kelompok adalah peta pola arah angin musimhujan dan musim kemarau. Pada peta tersebut juga dibuat arsiran tentangpola curah hujan.b. Kelompok 2: memperdalam materi tentang proses geologi di Indonesia.Produk yang dihasilkan oleh kelompok adalah peta sebaran gunungapi dansebaran titik kejadian gempa. Pada peta disisipkan diagram tektoniklempeng.c. Kelompok 3: memperdalam materi tentang permukaan bumi Indonesia.Produk yang dihasilkan oleh kelompok adalah gambar gunung, sungai,danau, teluk, tanjung, delta, dan lautan Indonesia sebagai negara maritim.d. Kelompok 4: memperdalam materi tentang flora fauna. Produk yangdihasilkan oleh kelompok adalah peta tentang sebaran jenis flora dan faunaIndonesia barat, tengah, dan timur.13. Presentasi perwakilan kelompok dan memamerkan hasil karya kelompok.14. Guru memberi komentar dan mempertegas konsep yang harus dipelajari lebihlanjut oleh peserta didik.Penutup15. Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran16. Guru meminta salah seorang peserta didik untuk melakukan refleksi atautanggapan tentang posisi strategis Indonesia17. Peserta didik ditugaskan untuk membuat peta kepulauan Indonesia secaraberkelompok pada ukuran 100 cm x 70 cm. Setiap pulau diberi nama dandihafalkan.H. Penilaian Hasil Pembelajaran1. Penilaian Pengetahuan : Tes (pilihan ganda dan uraian)2. Penilaian keterampilan : Non Tes (penugasan dan observasi)
Download RPP IPS Kelas VII, VIII, IX Kurikulum 2013 Tahun 2017
0 Comments