RPP IPS Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017

RPP IPS Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017
Model RPP IPS Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Tahun 2017 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran - Dalam menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan tugas kita sebagai seorang Guru yang akan melaksanakan pembelajaran tentunya kita harus menyiapkan berbagai Perangakat/ Program Pembelajaran juga Administrasi. Nah yang paling penting ketika kita memasuki sebuah kegiatan pembelajaran kita haruslah membuat RPP K13 agar kegiatan dan materi pembelajaran yang telah kita sediakan dapat di laksanakan dengan baik dan benar secara sistematis sesuai dengan kerangka pembelajaran yang telah kita buat. RPP juga mengambarkan prosedur dan pengoraginasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan telah dijabarkan dalam silabus.dengan tujuan untuk memberikan landasan pokok bagi guru dan siswa dalam mencapai kompetensi dasar dan indikator, memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek, karena disusun dengan menggunakan pendekatan sistem, memberi pengaruh terhadap pengembangan individu siswa, karena dirancang secara matang sebelum pembelajaran, berakibat terhadap nurturant effect.

Contoh RPP IPS Kelas 7, 8, 9/ VII, VIII, IX Kurikulum 2013 Tahun 2017 yang akan Admin bagikan pada kesempatan ini tentunya akan membantu Bapak dan Ibu yang memegang mata pelejaran IPS untuk jenjang SMP/ MTs. Tentunya untuk RPP tahun 2017 terdapat beberapa perbedaan yang harus di ketahui agar pembuatan RPP yang Bapak dan Ibu buat dapat baik dan benar.
Baca Juga

Contoh RPP IPS Kelas 7, 8, 9 K13 Tahun 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP/MTs……
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VII/I
Materi Pokok : Letak, lokasi, dan interaksi keruangan
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran (2 kali Pertemuan)
A. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi,
geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta
pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial,
budaya, dan pendidikan.
3.1.1 Menjelaskan pengertian ruang dan interaksi antarruang untuk saling
melengkapi kebutuhan antar daerah.
3.1.2 Mendeskripsikan letak dan luas Indonesia yang dikaitkan dengan posisi
strategis kepulauan Indonesia diantara dua benua dan dua samudera
melalui peta rupa bumi.
3.1.3 Mengidentifikasi kondisi alam berupa iklim, geologi, rupa bumi, tata
air, dan tanah, serta flora dan fauna di wilayah negara Indonesia.
4.1 Menjelaskan konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka
bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta
pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi,
sosial, budaya, dan pendidikan.
4.1.1 Membuat bagan tentang interaksi antarruang untuk saling melengkapi
kebutuhan antar daerah; yaitu interaksi antara daerah surplus dengan
daerah minus.
4.1.2 Membuat sketsa peta Indonesia diantara dua benua dan dua samudera.
4.1.3 Membuat diagram bentuk muka bumi misalkan pegunungan, aliran
sungai, teluk, tanjung, danau, dan sketa peta flora dan fauna di wilayah
negara Indonesia.
B. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu:
1. Menjelaskan pengertian ruang dan interaksi antarruang untuk saling melengkapi
kebutuhan antar daerah dengan membuat bagan saling melengkapi kebutuhan
antara daerah surplus dengan daerah minus dengan penuh tanggung jawab.
2. Mendeskripsikan letak dan luas Indonesia yang dikaitkan dengan posisi
strategis kepulauan Indonesia melalui peta rupa bumi dan mampu membuat
sketsa peta Indonesia dalam posisi strategis diantara dua benua dan dua
samudera dengan teliti dan rasa ingin tahu.
3. Mengidentifikasi kondisi alam berupa iklim, geologi, rupa bumi, tata air, dan
tanah, serta flora dan fauna di wilayah negara Indonesia yang dilengkapi dengan
pembuatan diagram bentuk muka bumi di daerah setempat (pegunungan,
dataraan tinggi, dataran rendah, dan wilayah pantai) dengan teliti.
C. Materi Pembelajaran
1. Pengertian ruang dan proses interaksi antarruang.
a. Interaksi antar ruang untuk saling saling melengkapi (Complementarity atau
Regional Complementarity) kebutuhan
b. Interaksi antar ruang untuk pemeratan penduduk.
2. Letak dan luas Indonesia
a. Lokasi strategis antara dua benua dan dua samudera yang ditunjukkan
melalui peta.
b. Keuntungan dan kerugian lokasi Indonesia.
3. Kondisi Alam Indonesia yang ditunjukkan dengan peta dan gambar.
a. Kondisi iklim indonesia.
b. Kondisi geologis kepulauan Indonesia.
c. Bentuk muka bumi Indonesia.
d. Keragaman flora dan fauna Indonesia.
D. Metode Pembelajaran
1. Metode pembelajaran: ceramah, simulasi, diskusi, dan presentasi.
2. Pendekatan/model : saintifik (inquiry)
E. Media Pembelajaran
1. Peta Indonesia.
2. Atlas Indonesia yang memuat iklim, geologis, relief permukaan bumi, dan
persebaran flora dan fauna.
3. Gambar dan foto.
4. Sepiring nasi yang dicampur sayur dan lauk pauknya.
5. Video yang dilengkapi LCD.
F. Sumber Belajar
1. Buku Siswa
2. Media cetak
3. Media elektronik (internet)
4. Lingkungan alam sekitar
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1: 4 JP
Pendahuluan
1. Guru memberi salam dan menanyakan tentang kesiapan pembelajaran.
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dengan menuliskan di papan tulis.
3. Guru menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran.
4. Guru memberi motivasi untuk membangkitkan minat belajar IPS.
Kegiatan Inti
5. Kelas dibagi dalam formasi empat kelompok. Setiap kelompok dibagi
guntingan kertas yang isinya ketersediaan dan ketidaksediaan bahan pangan,
sandang, alat rumah tangga, mebel, dan barang-barang perniagaan lainnya.
a. Kelompok 1 memperoleh guntingan kertas:
- Beras surplus 1 juta ton
- Ikan asin surplus 100 ton
- Kedelai minus 200 ton
- Bawang merah minus 50 ton
- Tidak memiliki bahan bakar
- Kain batik minus 300 meter
b. Kelompok 2 memperoleh guntingan kertas:
- Beras minus 100 ton
- Kedelai surplus 300 ton
- Memiliki cadangan bahan bakar
- Memiliki produk tahu dan tempe
- Minus telur ayam 50 ton
- Kain batik surplus 1 juta meter
- Minus alat rumah tangga 50 unit
c. Kelompok 3 memperoleh guntingan kertas:
- Beras minus 200 ton
- Kacang hijau surplus 100 ton
- Memiliki cadangan bahan bakar
- Memiliki cadangan bahan bangunan
- Daging sapi surplus 500 ton
- Meubeler surplus 50 unit
- Berbagai alat rumah tangga surplus 100 unit
d. Kelompok 4 memperoleh guntingan kertas:
- Kedelai surplus 300 ton
- Memiliki cadangan bahan bakar
- Memiliki produk tahu dan tempe
- Minus telur ayam 50 ton
- Daging sapi surplus 500 ton
- Meubeler surplus 50 unit
- Berbagai alat rumah tangga surplus 100 unit
6. Guru menyelenggarakan simulasi barter antar kelompok sebagai simbol
interaksi keruangan.
7. Guru meminta tanggapan peserta didik tentang interaksi keruangan dari hasil
simulasi dan guru memberi makna tentang adanya interaksi keruangan.
8. Guru membawa sepiring nasi beserta lauk pauknya di depan kelas yang
bahannya dari sumber daya pertanian, perkebunan, dan hasil-hasil laut
(kemaritiman).
9. Guru membentangkan peta Indonesia di depan kelas.
10. Guru dan peserta didik mengidentifikasi asal daerah bahan baku sepiring nasi
tersebut. Daerah asal dari bahan-bahan tersebut ditandai pada peta; beras dari
daerah A, garam dapur dari B, cabe dari C, dan seterusnya. Barang barang
tersebut didapat karena adanya kegiatan perniagaan antar daerah.
11. Pada sub materi berikutnya guru menampilkan peta Indonesia yang berada
diantara dua benua dan dua samudera.
12. Guru mengajak peserta didik untuk menghafal nama-nama negara, benua Asia,
Benua Australia di sekitar Indonesia.
13. Guru menampilkan peta dan jadwal penerbangan pesawat terbang yang
melewati Indonesia sehingga menunjukkan Indonesia berada di persimpangan
jalan.
14. Kelas dibagi empat kelompok. Setiap kelompok mengajukan pendapat tiga
keuntungan Indonesia berada di posisi strategis dunia sebagai negara maritim,
dan dua kerugiannya.
15. Hasil diskusi dibacakan oleh masing-masing ketua kelompok di depan kelas.
Penutup
16. Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
17. Guru meminta salah seorang peserta didik untuk melakukan refleksi atau
tanggapan tentang manfaat mempelajari IPS.
18. Peserta didik ditugaskan mencari 3 buah foto yang berkaitan dengan kondisi
alam Indonesia seperti sungai, gunung, batuan, jenis flora dan fauna Indonesia.
Diusahakan tidak ada yang sama.
Pertemuan 2: 4 Jpl
Pendahuluan
1. Guru memberi salam dan menanyakan tentang kesiapan pembelajaran.
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dengan menuliskan di papan tulis.
3. Guru menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran.
4. Guru memberi motivasi untuk membangkitkan minat belajar IPS.
Kegiatan Inti
5. Guru menagih tugas dari peserta didik pada minggu sebelumnya. Gambar atau
foto ditampilkan di depan kelas dan diapresiasi (dikomentari) oleh guru.
6. Guru menampilkan peta relief Indonesia yang nampak deretan pegunungan,
sungai, lautan, garis astronomis.
7. Guru membahas tentang komponen peta sehingga peserta didik dapat
membaca legenda peta dengan baik dan memahami koordinat peta.
8. Guru menjelaskan sekilas tentang karakteristik pola angin musim, pola curah
hujan, dan iklim Indonesia.
9. Guru menjelaskan sekilas tentang proses pembentukan pegunungan sirkum
mediterania dan sirkum pasifik yang bertemu di Indonesia
10. Guru menjelaskan sekilas tentang bentuk-bentuk permukaan bumi Indonesia
baik daratan dan lautan sebagai bentuk negara maritim.
11. Guru menjelaskan sekilas tentang jenis dan persebaran flora dan fauna
Indonesia.
12. Kelas dibagi empat kelompok. Setiap kelompok diberi tugas untuk
memperdalam materi dengan cara berdiskusi dengan produk tertentu.
a. Kelompok 1: memperdalam materi tentang iklim dan pola cuaca Indonesia.
Produk yang dihasilkan oleh kelompok adalah peta pola arah angin musim
hujan dan musim kemarau. Pada peta tersebut juga dibuat arsiran tentang
pola curah hujan.
b. Kelompok 2: memperdalam materi tentang proses geologi di Indonesia.
Produk yang dihasilkan oleh kelompok adalah peta sebaran gunungapi dan
sebaran titik kejadian gempa. Pada peta disisipkan diagram tektonik
lempeng.
c. Kelompok 3: memperdalam materi tentang permukaan bumi Indonesia.
Produk yang dihasilkan oleh kelompok adalah gambar gunung, sungai,
danau, teluk, tanjung, delta, dan lautan Indonesia sebagai negara maritim.
d. Kelompok 4: memperdalam materi tentang flora fauna. Produk yang
dihasilkan oleh kelompok adalah peta tentang sebaran jenis flora dan fauna
Indonesia barat, tengah, dan timur.
13. Presentasi perwakilan kelompok dan memamerkan hasil karya kelompok.
14. Guru memberi komentar dan mempertegas konsep yang harus dipelajari lebih
lanjut oleh peserta didik.
Penutup
15. Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
16. Guru meminta salah seorang peserta didik untuk melakukan refleksi atau
tanggapan tentang posisi strategis Indonesia
17. Peserta didik ditugaskan untuk membuat peta kepulauan Indonesia secara
berkelompok pada ukuran 100 cm x 70 cm. Setiap pulau diberi nama dan
dihafalkan.
H. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Penilaian Pengetahuan : Tes (pilihan ganda dan uraian)
2. Penilaian keterampilan : Non Tes (penugasan dan observasi)
Itulah sekilas yang dapat Admin Akses Guru tuliskan untuk RPP Kelas VI dan untuk lebih lengkap mengenai RPP IPS Kelas 7, 8, 9 K13 Tahun 2017 Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap pada link di bawah ini yang telah Admin sediakan untuk Bapak dan Ibu secara gratis.
Download RPP IPS Kelas VII, VIII, IX Kurikulum 2013 Tahun 2017

Post a Comment

0 Comments