Daftar isi Silabus PAI Kelas 7 8 9 K13 Revisi 2017
I. PENDAHULUAN
A. Rasional 1
B. Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Pendidikan Dasar dan
Menengah 3
C. Kompetensi yng Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah
Tsanawiyah 3
D. Kerangka Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah 6
E. Pembelajaran dan Penilaian
1. Pembelajaran
2. Penilaian
8
F. Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan
Siswa 10
II. KOMPETENSI DASAR, MATERI POKOK, DAN PEMBELAJARAN 11
A. Kelas VII 11
B. Kelas VIII 23
C. Kelas IX 36
III. MODEL SILABUS SATUAN PENDIDIKAN 49
A. Kelas VII 49
B. Kelas VIII 51
C. Kelas IX 52
IV. MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 56
A. Kelas VII 56
B. Kelas VIII 64
C. Kelas IX
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan kemampuan siswa.
Download Silabus PAI dan Budi Pekerti Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013
Kompetensi yag Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam hal keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pendidikan ini kemudian dirumuskan secara khusus dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai berikut:- menumbuhkembangkan aqidah melalui pemberian, pembinaan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman siswa tentang Agama Islam sehingga menjadi muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah Swt; dan
- mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam kehidupan sebagai warga masyarakat, warga negara, dan warga dunia.
Kompetensi yag Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kempetensi yang Diharapkan setelah siswa mempelajari Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP/MTs dapat dilihat pada Tabel Peta Kompetensi yang memberikan gambaran umum tentang capaian kompetensi mulai SD/MI sampai dengan SMA/MA/SMK/MAK.
Demikian sekilas yang dapat Admin tulisakan dari isi Silabus PAI dan Budi Pekerti Kelas VII, VIII, IX Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017 dan untuk lebih lengkap, Bapak dan Ibu dapat langsung mendownload file lengkapnya dalam bentuk pdf yang telah Admin sediakan di bawah ini.
Download Silabus PAI Kelas 7 8 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017
0 Comments