RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Tema 1 Diriku Revisi 2017

RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Tema 1 Diriku Revisi 2017
Seorang Guru harus memiliki perangkat pembelajaran yang lengkap terutama dalam kegiatan pembelajaran, salah satu yang harus di siapkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Bagi Anda yang saat ini sedang mencari contoh file tersebut Admin akan membagikan link download di akhir artikel ini untuk Kelas 1 Tema 1 (Diriku) Kurikulum 2013 revisi terbaru tahun 2017. File yang tersaji dalam bentuk pdf, Admin menyiapkan untuk semua pembelajaran Subtema Aku dan Teman Baru PB 1, 2, 3, 4, 5, 6.

Berikut selengkapnya Admin sajikan mulai dari contoh hingga format yang benar untuk RPP Kelas I Tema 1 semua subtema dan pembelajaran K13 revisi 2017:

RPP Kelas I Tema 1 Diriku K13 Revisi 2017

Berikut Admin tuliskan salah satu RPP sebagai Contoh sebelum Bapak dan Ibu mendownload file lengkap lainnya dengan Tema diriku, subtema aku dan teman baru, pembelajaran ke 6 Kurikulum 2013 Revisi 2017.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
( RPP )

Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :  1 /1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                   :  Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke         :  6
Alokasi waktu            :  1 Hari


A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : Matematika
Kompetensi Indikator
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
3.2.1  Mengidentifikasi lambang bilangan 1 sampai dengan 10
4.2  Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat 4.2.1  Menulis lambang bilangan 1 sampai dengan 10 secara lengkap

Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi Indikator
3.3  Menguraikan lambang bunyi  vokal dan konsonan  dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah 3.3.1  Menunjukkan huruf konsonan dalam suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru
4.3  Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah 4.3.1  Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah

Muatan : PPKn
Kompetensi Indikator
1.2  Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah. 1.2.1  Mematuhi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2  Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. 2.2.1  Menjalankan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2  Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari- hari di rumah. 3.2.1  Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
4.2  Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. 4.2.1  Mempraktekan hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah

C. TUJUAN
1. Dengan bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat menyusun huruf-huruf penyusun nama dengan benar.
2. Setelah bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat mengenali huruf pertama dari sebuah nama, baik itu huruf vokal maupun konsonan.
3. Dengan bercerita, siswa dapat menggunakan huruf vokal dan konsonan dalam sebuah kata dan menyusunnya menjadi kalimat.
4. Dengan bercerita, siswa dapat membilang banyaknya huruf penyusun nama sendiri maupun nama teman.
5. Dengan belajar dan berlatih, siswa dapat membilang benda dan menuliskan lambang bilangannya.
6. Dengan berdoa sebelum melakukan kegiatan di sekolah, siswa dapat mempraktikkannya di rumah.

D. MATERI
Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan sambil Bermain Bersama Teman
Belajar dan Berlatih Membilang Benda dan Lambang Bilangan

E. PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan 1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
Apa yang tergambar pada sampul buku.
Apa judul buku
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini     15
    menit
Kegiatan
Inti A. Ayo Mencoba
1. Guru kembali membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu huruf a-z dan satu set kartu huruf vokal.
2. Setiap kelompok diminta membuka buku siswa halaman 30. Mereka melihat nama-nama yang hurufnya disusun acak. Bersama teman kelompok, para siswa menyusun kembali nama-nama tersebut dengan menggunakan kartu huruf yang telah diberikan. Contoh cara mengerjakannya juga telah tersedia di buku siswa halaman 30.
3. Guru berkeliling mengamati pekerjaan setiap kelompok sambil menanyakan adakah bagian yang sulit dan memerlukan bantuan guru.
4. Setelah semua kelompok selesai mengerjakan, secara acak guru meminta tiap kelompok menunjukkan kartu huruf dari sebuah nama yang ada di buku siswa halaman 30.
5. Guru dan siswa lalu bertanya, nama siapakah yang paling susah untuk ditebak dan disusun huruf-hurufnya? Mengapa?
B. Ayo Bercerita
1. Selesai menyusun huruf, setiap kelompok memilih satu orang siswa anggotanya untuk bercerita tentang nama sendiri dan nama satu orang teman beserta huruf-huruf penyusunnya. Tak lupa untuk membilang banyaknya huruf penyusun nama. (lihat buku siswa halaman 32)
2. Para siswa kembali ke tempat duduk masing-masing. Untuk menguatkan siswa tentang huruf a-z, siswa berlatih mengerjakan soal di buku siswa halaman 31.
3. Setelah berlatih soal, guru meminta siswa melihat ke papan tulis.
4. Guru sudah menempel kartu lambang bilangan 1 sampai dengan 10 di papan tulis.
C. Ayo Berlatih
1. Guru mengajak siswa membaca lambang bilangan secara berurut dari 1 sampai dengan 10.
2. Guru lalu menunjuk kumpulan benda-benda tertentu. Siswa diminta membilang benda tersebut dan mengidentifikasi lambang bilangannya. Kegiatan ini diulang beberapa kali. (lihat buku siswa halaman 33)
3. Kemudian siswa diminta untuk belajar dan berlatih membilang banyaknya benda yang ada di buku siswa pada halaman 34-35, lalu menuliskan lambang bilangannya di dalam kotak yang tersedia.
140
menit
Kegiatan
Penutup 1. Sebelum kegiatan ditutup, guru dan siswa sama-sama melakukan refleksi kegiatan di hari ini.
2. Secara acak guru menunjuk beberapa siswa dan meminta mereka untuk menyebutkan dan melafalkan huruf-huruf penyusun nama.
3. Setelah itu, guru menunjukkan lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10 dari kartu angka, lalu siswa bersama-sama membaca lambang bilangan tersebut.
4. Guru kemudian menunjuk siswa secara acak untuk menuliskan lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10.
5. Refleksi ditutup dengan doa karena kegiatan hari ini telah selesai. Guru memimpin doa. Guru mengingatkan siswa agar selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan di rumah.
6. Guru memberikan salam penutup, siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.

A. Pengayaan
1. Siswa membuat kartu huruf nama dua anggota keluarga di rumah.
2. Siswa menghitung benda milik sendiri di sekolah yang banyaknya 1 sampai dengan 10 lalu menuliskan nama dan lambang bilangannya.
3. Siswa membentuk kelompok lalu saling bercerita dengan teman di kelompoknya tentang aturan saat hendak keluar dan masuk rumah serta berdoa sebelum kegiatan.
B. Remedial
1. Guru membantu siswa mengenal huruf a-z:
Guru menyusun kartu huruf a-z secara berurutan
Siswa menirukan untuk membaca huruf a-z
Siswa menyebutkan nama sendiri
Guru menuliskan nama seorang siswa, lalu siswa tersebut mengidentifikasi huruf penyusun nama sendiri
Siswa mengambil huruf-huruf penyusun nama dari kartu huruf
Siswa menyebutkan nama lengkap dan panggilannya
2. Guru membantu siswa mengenal konsep bilangan 1 sampai dengan 10:
Guru menyusun kartu bilangan dari 1 sampai dengan 10 secara berurutan
Siswa menirukan guru membaca bilangan dari 1 sampai dengan 10 saat guru menunjukkan lambang bilangannya
Siswa menghitung banyaknya benda yang diberikan oleh guru. Dimulai dari yang banyaknya 1 sampai dengan 10 lalu menunjukkan lambang bilangannya.
Siswa menirukan ucapan guru membaca nama bilangan dari 1 sampai dengan 10
Guru menunjukkan lambang bilangan, siswa mencari kartu nama bilangan yang sesuai dengan lambang bilangan yang ditunjukkan.  
    15
    menit
G. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian
1. Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
1. a. Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual
No Tanggal Nama Peserta didik Catatan perilaku Butir Sikap
1. Menghormati teman yang sedang berpuasa Toleransi dalam beribadah

1. b. Contoh Format Jurnal Sikap Sosial
No Tanggal Nama Peserta didik Catatan perilaku Butir Sikap
1. Mengikuti aturan
permainan dengan tertib Disiplin

1.c. Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:

2. Penilaian pengetahuan:
Tes tertulis
(Guru bisa mengambil nilai pengetahuan dari latihan yang dikerjakan siswa di buku siswa. Selain itu, guru juga bisa mengembangkan pertanyaan dari materi yang telah diberikan, sesuai dengan kondisi di kelas)
Cara penilaian:
Skor penilaian: 0- 100
Penilaian : Skor yang diperoleh   x 100
Skor maksimal
Contoh:
Misalnya setiap jawaban benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2 = 6.
Jika siswa hanya menjawab dengan benar dua soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:


3. Penilaian keterampilan:
Penilaian Penilaian: Unjuk kerja: Bercerita tentang nama diri sendiri dan teman baru

H. SUMBER DAN  MEDIA
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Software Pengajaran  kelas 1  SD/MI dari JGC.
Gambar dari Google.com
Video dari youtobe.com.
Contoh-contoh benda atau gambar berbentuk lingkaran.

Refleksi Guru

Catatan Guru
1. Masalah        :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….

Mengetahui
Kepala Sekolah,


………………………………
NIP. ………………………… …………………,    ...............
Guru Kelas 1  ,


………………………………
NIP………………………….
Berikut link unduhan file RPP Kelas 1 secara lengkap, silahakan untuk Bapak dan Ibu download sesuai dengan kebutuhannya pada saat ini.
Tema 1 Subtema 1 PB 1 Aku dan Teman Baru
Tema 1 Subtema 1 PB 2 Aku dan Teman Baru
Tema 1 Subtema 1 PB 3 Aku dan Teman Baru
Tema 1 Subtema 1 PB 4 Aku dan Teman Baru
Tema 1 Subtema 1 PB 5 Aku dan Teman Baru
Tema 1 Subtema 1 PB 6 Aku dan Teman Baru
    Semoga file Perangkat Pembelajaran RPP K13 Tema Diriku yang Admin sajikan untuk kelas 1 ini dapat memberikan manfaat pada kegiatan pembelajaran yang Bapak dan Ibu laksankan. Referensi artikel ini www.tentangpendidikan.com

    Post a Comment

    0 Comments